MENGUASAI DASAR ANIMASI STOPMOTION
Berilah
tanda silang pada jawaban yang tepat!(JAWABAN YANG BENAR SAYA TEBALKAN HURUFNYA)
Berilah
tanda silang pada jawaban yang tepat!
1.
Hasil
dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut
dengan…..
a.
Film
b.
Movie
c.
Animasi
d.
Cinema
e.
Diorama
2.
Dalam
bahasa inggris berdasarkan arti harfiah, kata animasi(animate) artinya…..
a.
Menghidupkan
serta menggerakkan benda mati
b.
Menyembah
benda mati dan berhala
c.
Makhluk
hidup dalam golongan hewan
d.
Sesuatu
yang mengasyikan
e.
Hasil
kreativitas manusia
3.
Berikut
ini merupakan kaidah-kaidah dalam pembuatan film animasi, kecuali…..
a.
Kaidah
Penciptaan Gerak
b.
Kaidah
Pengaturan Waktu(timing)
c.
Kaidah
Sebab-akibat
d.
Kaidah
Gerakan Newton
e.
Kaidah
Relativitas Einsten
4.
Teknik
animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat
bergerak sendiri , dan biasanya dibuat dari gabungan dari foto-foto, dengan
mayoritas tokoh animasinya dibuat menggunakan
lilin/tanah liat adalah animasi….
a.
Animasi
komputer
b.
Animasi
stopmotion
c.
Animasi
komputer
d.
Animasi
3 Dimensi
e.
Animasi
Model
5.
Nama
lain dari animasi stopmotion adalah….
a.
Clay
motion
b.
Kartun
c.
Manga
d.
Rare
motion
e.
Photo
motion
6.
Berikut
ini yang bukan merupakan jenis dari animasi stopmotion adalah….
a.
Tanah liat(Clay)
b.
Guntingan
(cutout)
c.
Gambar(
Graphic)
d.
Aktor
hidup (Pixilation)
e.
Mayat
hidup(Zombie)
7.
Berikut
ini yang merupakan contoh serial film yang dibuat dengan teknik animasi
stopmotion adalah….
a.
Spongebob
squarepants
b.
Shaun
the sheep
c.
Avatar
the legend of Ang
d.
Donald
Duck
e.
Transformer
8.
Yang
bukan merupakan kekurangan dari animasi stopmotion adalah…..
a.
Proses
pengerjaaan relative lama
b.
Harus
memiliki konsep yang matang
c.
Harus
memiliki ketelitian dan ketelatena
d.
Keterbatasan
gerak objek
e.
Dapat
dibuat dengan hanya menggunakan still kamera
9.
Cara
menambah frame pada flash adalah…..
a.
Insert
> Frame
b.
Delete>Frame
c.
Insert>Timeline
Effects>Frame
d.
Insert>Timeline>Frame
e.
Insert>Frame>Frame
10. Pada animasi tradisional, objek utama yang mengeksploitir
gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis untuk
menghemat pembuatan gambar. Istilah untuk gambar latar belakang adalah…..
a.
Background
b.
Backstage
c.
Backsound
d.
Backbone
e.
Backpacker
11. Siapakah animator yang membuat
film animasi pendek dengan judul Humourus Phases Of Funny Faces pada tahun
1906-an?
a.
Willis
Obrien
b.
Allan
J Pincton
c.
Albert
E.Smith
d.
Stuart
Blacton
e.
George
Melies
12. Studio animasi spesialisasi stop
motion yang didirikan oleh peter Lord dan David Sproxton (1972) yaitu….
a.
Aardman
Animations
b.
Walt
Disney
c.
Lord
Animations
d.
Allan
Animations
e.
Parked
studios
13. The lost World yang dibuat oleh
Willis Obrien merupakan salah satu contoh film animasi yang objeknya terbuat
dari….
a.
Lilin
b.
Kayu
c.
Clay
d.
Kertas
e.
Batu
14. Teknik stop motion dimana yang
digunakan adalah aktor hidup sebagai subjek frame by frame adalah pengertian dari….
a.
Graphic
b.
Claymation
c.
Pizzigato
d.
Pixilation
e.
Claymotion
15. Animasi tradisional tertua didunia
adalah…..
a.
Wayang
kulit
b.
Chicken
run
c.
The
humpty Dumpty circus
d.
A
trip to the moon
e.
Shaun
the sheep
16. Software aplikasi berikut yang
bisa untuk merangkai dan atau membuat
animasi stop motion adalah…..
a.
Adobe
flash professional creative cloud
b.
Adobe
flash player
c.
Adobe
auditon
d.
Auto
desk 3Ds Max
e.
Photoshop
17. Peralatan-peralatan berikut yang
wajib ada untuk membuat animasi stop motion adalah ….
a.
Kamera
video digital, payung reflector, kipas
b.
Kamera
foto digital, objek yang bergerak , latar belakang
c.
Komputer,
kamera foto,objek bergerak, background,objek pendukung
d.
Kamera
foto,objek, background
e.
Objek
bergerak,kamera video, computer, alat pencahayaan
18. Bagaimana cara untuk mendapatkan
gambar gerak yang halus pada pembuatan animasi stop motion dengan teknik
fotografi?
a.
Pergerakan
objek tidak terlalu jauh dari posisi sebelumnya , dan lebih banyak frame yang
digunakan
b.
Frame
yang digunakan tidak terlalu banyak,agar lebih mudah merangkainya
c.
Objek
yang diambil harus diposisikan dengan cermat, dan pergantian gerak objek jangan
terlalu kasar, serta perbanyak frame dengan standar pemutaran video frame 16
frame persekon
d.
Ambilah
gambar sebanyak-banyaknya dengan pergerakan objek yang mengalir teratur
e.
Perhatikan
pada posisi kamera yang harus sama posisi awal
19. Mengapa animsi stop motion bisa
dianggap animasi yang paling mudah dibuat?
a.
Karena
bisa dibuat hanya dengan kamera foto biasa dan komputer serta tidak memerlukan
tim yang banyak bahkan bisa dibuat sendirian
b.
Karena
alat yang digunakan sangat sederhana dan simple
c.
Karena
semua orang pasti sudah bisa membuatnya tanpa latihan khusus
d.
Karena
hanya membutuhkan kesabaran dan ketelitian
e.
Karena
sudah menjadi hal biasa
20. Dalam pembuatan animasi stop
motion, hal yang perlu diperhatikan pada
bagian pemasaran adalah…..
a.
Kualitas gambar
b.
Harga
promosi
c.
Norma-norma
dan kebudayaan
d.
Lingkungan
pembuatan animasi
e.
Sasaran
penonton
Latihan
1.
Animasi
berasal dari kata animation yang dalam bahasa inggris to animate yang berarti?
2.
Animasi
dalam dunia pendidikan berperan sebagai?
3.
Di
Amerika animasi mulai berkembang pada abad keberapa?
4.
Definisi
dari animasi adalah?
5.
Animasi
stop motion ditemukan pada tahun?
6.
Salah
satu software yang bisa digunakan untuk membuat animasi?
7.
Animasi
yang dikerjakan dengan teknologi komputer
disebut?
8.
Penciptaan
gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi hanya dua arah disebut?
9.
Software
yang digunakan untuk membuat animasi 2Dimensi adalah?
10. Menghidupkan,memberi jiwa, dan
menggerakan benda mati disebut?
Essay
1.
Proses
pembuatan animasi 2 Dimensi digital terdiri dari? Sebutkan dan jelaskan
2.
Sebutkan
dan jelaskan jenis-jenis animasi?
3.
Sebutktan
dan jelaskan macam-macam pengambilan gambar?
4.
Menurut
pemahamanmu apakan yang dimaksud dengan animasi?
5.
Sebutkan
langkah-langkah proses dalam pembuatan film animasi?
Jawaban :
LATIHAN:
Jawaban :
LATIHAN:
1. Menghidupkan,
atau secara umum merupakan suatu kegiatan menghidupkan,menggerakkan benda mati.
2. Peran gambar
animasi dalam dunia pendidikan adalah dapat menarik minat belajar siswa
karena siswa akan lebih mudah memahami materi yang berikan guru dan akan
mengikuti pelajaran dengan baik.
3. Pada abad
ke-18
4. Animasi
adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun
secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada
setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud
dalam definisi diatas bisa berubah gambar manusia,manusia,hewan, maupun
tulisan.
5. Pada tahun
1906an
6. Synfig
studio, micromedia flash dan masih banyak lagi.
7. Animasi komputer
8. Animasi 2D
9. Adode flash
10. Animasi
Essay :
1. Ada 3 Tahapan dalan pembuatan animasi 2D : Pra produksi yaitu proses dimana kita belum melakukan pembuatan animasi,dan kita masih mempersiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan dan mematangkan konsep animasi tersebut. Produksi,yaitu proses pembuatan yang sedang berlangsung dan sedang dikerjakan dan berlangsungnya pengeditan atau penambahan dalam pembuatannya dengan memasukkan input gambar atau suara yang dibutuhkan. Post produksi, yaitu merupakan langkah akhir dari pembuatan tersebut yang telah selasai dan tinggal memasarkan produk tersebur untuk dipertontonkan kepada masyrakat lain.
2. Animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun . Berasal dari kata cartoon artinya gambar yang lucu. Dan film kartun ini kebanyakan film yang lucu.Animasi 3D adalah perkembangan dari animasi 2D.dengan animasi 3D karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.Stopmotion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.Animasi jepang (anime) anime mempunyai karakter yang berbeda dibandingkan dengan buatan eropa.
3. Extreme long shot : Pengambilan gambar mencakup area yang sangat luas dengan mengikut sertakan elemen-elemen disekitar.
Long shot: pengambilan gambar yang menggunakan area yang cukup/pas untuk memperlihatkan seluruh tubuh subjek tanpa terpotong frame
Medium long shot : pengambilan gambar yang dimulai dari bawah lutut kaki sampai keatas kepala
Medium shot : pengambilan gambar sedikit lebih sempit yaitu mulai dari batas pinggang atau sedikit dibawahnya sampai atas kepala
Close up : pengambilan gambar mulai dari atas pinggang sampai atas kepala
Big close up : pengambilan gambar mulai dari leher/dagu sampai atas kepala
Extreme close up : pengambilan gambar yang hanya mengekspos bagian tertentu saja pada wajah
4. Animasi sendiri adalah sebuah gambar yang terdiri dari 2D dan 3D yang kini telah berkembang dengan memiliki berbagai macam bentuk karakter yang seakan tanpa nyata dan hidup animasi juga memiliki berbagai macam manfaat yang amat sangat kita rasakan.
5. Penyampaian ide cerita,Pencatatan ide cerita,Pembuatan storyboard,Perekaman suara,Pembuatan model,Melengkapi set,Penggarapan scene,Sentuhan animasi,Dimensi set dan karakter,Pencahayaan dan penyempurnaan tampilan,Data computer di-Render,Final touch
Essay :
1. Ada 3 Tahapan dalan pembuatan animasi 2D : Pra produksi yaitu proses dimana kita belum melakukan pembuatan animasi,dan kita masih mempersiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan dan mematangkan konsep animasi tersebut. Produksi,yaitu proses pembuatan yang sedang berlangsung dan sedang dikerjakan dan berlangsungnya pengeditan atau penambahan dalam pembuatannya dengan memasukkan input gambar atau suara yang dibutuhkan. Post produksi, yaitu merupakan langkah akhir dari pembuatan tersebut yang telah selasai dan tinggal memasarkan produk tersebur untuk dipertontonkan kepada masyrakat lain.
2. Animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun . Berasal dari kata cartoon artinya gambar yang lucu. Dan film kartun ini kebanyakan film yang lucu.Animasi 3D adalah perkembangan dari animasi 2D.dengan animasi 3D karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.Stopmotion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.Animasi jepang (anime) anime mempunyai karakter yang berbeda dibandingkan dengan buatan eropa.
3. Extreme long shot : Pengambilan gambar mencakup area yang sangat luas dengan mengikut sertakan elemen-elemen disekitar.
Long shot: pengambilan gambar yang menggunakan area yang cukup/pas untuk memperlihatkan seluruh tubuh subjek tanpa terpotong frame
Medium long shot : pengambilan gambar yang dimulai dari bawah lutut kaki sampai keatas kepala
Medium shot : pengambilan gambar sedikit lebih sempit yaitu mulai dari batas pinggang atau sedikit dibawahnya sampai atas kepala
Close up : pengambilan gambar mulai dari atas pinggang sampai atas kepala
Big close up : pengambilan gambar mulai dari leher/dagu sampai atas kepala
Extreme close up : pengambilan gambar yang hanya mengekspos bagian tertentu saja pada wajah
4. Animasi sendiri adalah sebuah gambar yang terdiri dari 2D dan 3D yang kini telah berkembang dengan memiliki berbagai macam bentuk karakter yang seakan tanpa nyata dan hidup animasi juga memiliki berbagai macam manfaat yang amat sangat kita rasakan.
5. Penyampaian ide cerita,Pencatatan ide cerita,Pembuatan storyboard,Perekaman suara,Pembuatan model,Melengkapi set,Penggarapan scene,Sentuhan animasi,Dimensi set dan karakter,Pencahayaan dan penyempurnaan tampilan,Data computer di-Render,Final touch
Terimakasih 🙏 sangat membantu sekali
ReplyDeleteTerimkasih, saya senang karena bisa membantu
Delete