Saturday 17 March 2018

SOAL LATIHAN MENGUASAI CARA MENGGAMBAR KUNCI UNTUK ANIMASI



Berilah tanda silang(x) pada jawaban yang tepat!(JAWABAN HURUF TEBAL)

1.       Prinsip-prinsip yang digunakan seorang animator untuk mengetahui dan memahami bagaiman sebuah animasi dibuat sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil animasi yang menarik, dinamis dan tidak membosankan disebut ….
a.       Rekayasa animasi
b.      Animator builder
c.       Prinsip-prinsip animasi
d.      Karakteristik animasi
e.      Animasi modern
2.       Tokoh animator yang memberikan 12 prinsip animasi pada fim animasi produksi Walt Disney adalah….
a.       Tomas and Jonson
b.      Frank Thomas and Ollie Johnston
c.       Frank and Thomas
d.      Ollie and Johnston
e.      Thomas and Friends
3.       Konsep utama yang mendasari teori prinsip-prinsip animasi adalah fenomena kelemahan mata manusia yang disebut…..
a.       Persistance of mission
b.      Persistance of nation
c.       Persistance of vision
d.      Persistance of education
e.      Persistence of estetics
4.       Seperti pada petemuan sebelumnya 12 prinsip dasar animasi pertama kali diperkenalkan oleh animator kawakan dari Walt Disney Studios, yaitu Frank Thomas dan Ollie Johnston, sekitar tahun 1930 yang ditulis dalam bukunya berjudul…..
a.       Use your illusion
b.      The use of illusion
c.       The illusion of life
d.      The life of illusion
e.      The use of your life
5.       Agar setiap animasi yang dibuat kelihatan menarik, dramatis, dengan pergerakan yang alami. Adalah pengertian dari….
a.       Karakter animasi
b.      Prinsip dasar animasi
c.       Fungsi utama dari prinsip-prinsip dasar animasi
d.      Fungsi utama dari prinsip dasar karakter animasi
e.      Semua jawaban salah
6.       Fungsi tambahan dari prinsip animasi adalah sebagai berikut, kecuali….
a.       Media hiburan
b.      Median presentasi
c.       Media promosi
d.      Media cetak
e.      Media iklan
7.       Sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda   disebut….
a.       Squash and Stretch
b.      Anticipation
c.       Staging
d.      Straight Ahead And Pose to Pose
e.      Follow Through And Overlapping Action
8.       Sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter Disebut….
a.       Squash and Stretch
b.      Anticipation
c.       Staging
d.      Straight Ahead And Pose to Pose
e.      Follow Through And Overlapping Action
9.       Didalam mengaplikasikan prinsip animasi ini, bayangkanlah bahwa setiap gambar dalam animasi kita itu adalah sebuah penampilan dipanggung yang mana kita sebagai directornya harus memastikan bahwa ide cerita dari setiap detail penampilan harus tersampaikan dengan sempurna pada para penonton  disebut
a.       Squash and Stretch
b.      Anticipation
c.       Staging
d.      Straight Ahead And Pose to Pose
e.      Follow Through And Overlapping Action
10.   Membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Disebut…..
a.       Squash and Stretch
b.      Anticipation
c.       Pose to pose
d.      Straight Ahead
e.      Follow Through And Overlapping Action
11.   Pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/dilanjutkan oleh asisten/animator lain disebut….
a.       Squash and Stretch
b.      Anticipation
c.       Pose to pose
d.      Straight Ahead
e.      Follow Through And Overlapping Action
12.   Prinsip animasi benda-benda yang saling berhubungan, tidak pernah bergerak bersamaan disebut….
a.       Squash and Stretch
b.      Anticipation
c.       Overlapping Action
d.      Straight Ahead
e.      Follow Through Action
13.   Prinsip ini secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului disebut….
a.       Squash and Stretch
b.      Anticipation
c.       Overlapping Action
d.      Straight Ahead
e.      Follow Through Action
14.   Terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Disebut…..
a.       Slow in
b.      Slow out
c.       Archs
d.      Secondary action
e.      Timing
15.   Terjadi jika sebuah gerakan yang relative cepat kemudian melambat. Disebut….
a.       Slow in
b.      Slow out
c.       Archs
d.      Secondary action
e.      Timing
16.   Membuat gerakan animasi kita menjadi lebih alami, khususnya untuk gerakan manusia dan hewan disebut…..
a.       Archs
b.      Timing
c.       Secondary action
d.      Appeal
e.      exageration
17.   prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama. Adalah…..
a.       Archs
b.      Timing
c.       Secondary action
d.      Appeal
e.      exageration

18.   menentukan berapa gambar yang harus kita buat diantara 2 pose atau yang biasa kita sebut dengan istilah in-between adalah….
a.       Archs
b.      Timing
c.       Secondary action
d.      Appeal
e.      exageration
19.   keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi disebut….
a.       Archs
b.      Timing
c.       Secondary action
d.      Appeal
e.      exageration
20.   upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis adalah….
a.       Archs
b.      Timing
c.       Secondary action
d.      Appeal
e.      exageration

Essay
1.       jelaskan konsep dasar prinsip animasi
2.       mengapa prinsip animasi sangat penting untuk dijadikan pedoman saat membuat karya animasi
3.       apa yang dimaksud dengan persistance of vision
4.       sebutkan 12 prinsip-prinsip animasi.
jelaskan pengertian storyboard.

Jawaban :
1.
2.
3. Persesistence of vision adalah waktu yang memanfaatkan sifat dari mata manusia yang masih menyimpan informasi gambar yang dipersepsikan selama waktu tertentu.
4.  Squash and stretch , Anticipations,staging,straight ahead and pose to pose,follow through and overlapping action, slow in and slow out, archs,secondary action,Timing,Exaggeration,solid drawing,appeal,
5. storyboard adalah bentuk visual/gambar dari scenario yang telah dibuat berapa, berupa kotak kotak gambar (seperti komik) yang menggambarkan jalan cerita dan adegan-adegan yang hendak dibuat dalam film.

1 comment:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

komentar disini